mari kita berbagi, disini saya akan berbagi tentang apa yg anda butuhkan di dunia sport, khususnya race. join now (っ˘з˘)っ ƪ(˘⌣˘)ʃ
Jumat, 24 Agustus 2012
Valentino Rossi: Duel Sengit Lorenzo vs Pedrosa Bisa Bersambung Sampai Episode Terakhir
Valentino Rossi memperkirakan duel sengit perburuan gelar juara dunia yang diperebutkan antara Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa bakal bersambung hingga episode terakhir saat MotoGP ‘syuting’ di Sirkuit Valencia.
Sejarah MotoGP
MotoGP adalah kejuaran adu kebut Motor Tertua Di Dunia
MotoGP Logo
Lomba adu
kebut motor sudah dikenal sejak tahun 1900. Kala itu dikelola oleh FICM
(Federation Internationale Des Clubs Motocyclistes) disebut sebagai
kakek buyutnya FIM saat ini. Lomba dominan dilakukan dieropa karena
perkembangan tehnologi khususnya motor belum begitu mendunia pada masa
itu. FICM yang dibentuk pada tahun 1938 mengumumkan sebuah kejuaraan
balap motor dieropa. Tapi rencana tersebut tidak berjalan mulus
dikarenakan terbentur dengan meletusnya perang dunia dua. Setelah perang
usai baru kejuaraan balap motor hidup kembali, pelan tapi pasti
kompetisi sudah mulai merambah ke tingkat internasional. Kejuaraan
Motogp akhirnya diadakan secara resmi pada tahun 1949, dibagi 4 kelas
yaitu kelas utama 500cc, 350cc, 250cc dan 125cc.
Tercatat
gelaran motogp juara dunia pertama kali dimenangkan oleh Leslie Graham
tergabung dalam AJS Porcupine team(500cc), Freddie frith pada Velocette
team (350cc), Bruno Ruffo pada Moto guzzi team (250cc) dan Nello Pagani
pada Mondial team (125cc). Dekade itu manufaktur Italia, Mondial dan
Moto Guzzi bersama Gilera dan MV Agusta mendominasi perlombaan Motogp.
Puncaknya adalah sekitar tahun 1950an MV Agusta tidak tanggung-tanggung
mereka menyapu bersih 4 kelas berbeda dalam 3 musim berturut-turut
(1958-1960). Dan selama 17 tahun dominasinya di 500cc tidak pernah
terpecahkan sebagai pabrikan yang bisa memenangkan kelas para raja itu
secara berkesinambungan sejak tahun 1958 – 1974 hingga akhirnya
pelan-pelan mahkota itu digerogoti oleh pabrikan Jepang yang mulai exist
setelah perang dunia II. Motor-motor Jepang mulai booming ditahun 1960.
Lewat tiga merk kala itu Honda, Suzuki dan Yamaha meneror pabrikan
Italia disemua kelas 125cc, 250cc dan 500cc (1960an). Image and video
hosting by TinyPic Untuk rider, akhir 1960 munculah sebuah nama yg cukup
menonjol karena prestasinya yaitu Giacomo Agostini. tahun 1960 adalah
tahun bersejarah buat Giacomo Agostini.
DUO LEGENDA MOTOGP VALENTINO ROSSI & GIOCOMO AGOSTINI
Tahun itulah dia mulai mengukir namanya
dalam sejarah Motogp. Giacomo Agostini adalah rider tersukses sepanjang
masa (hanya Valentino Rossi yang mendekati rekornya). Masa keemasannya
ketika dia menunggangi MV-Agusta (1968). Karena semakin mahalnya biaya
memaksa pabrikan Jepang menarik diri ikut Motogp dan hanya Yamaha yang
tersisa kala itu. Hingga awal 1970an baru mereka kembali bergabung. Pada
periode itu gelar juara dunia diperebutkan oleh pabrikan eropa
(Bultaco, Kreidler, Morbidelli, dan MV Agusta) Amerika (Harley Davidson)
dan Jepang (Yamaha, Honda, Kawasaki). Dominasi MV Agusta sudah sedikit
terganggu oleh motor-motor dari Jepang. Setelah hampir 12thn istirahat
Honda kembali dikancah Motogp (pertengahan 1970) dan pada sekitar tahun
1983 mereka mengganti filosofi dari mesin 4tak berganti mesin 2tak (V3
500) lebih terkenal dengan NS500. NS500 sukses mengantarkan Honda
menjadi juara dunia untuk pertama kalinya joint dimotogp lewat rider
Freddie Spencer. Tahun 1980-1990 adalah tahun dimana pabrikan Jepang
sangat mendominasi. Pada tahun itulah kualitas motor racing masuk pada
tahap tehnologi modern dengan tingkat persaingan sangat ketat.
Pertarungan antar merk yaitu yamaha, Honda dan Suzuki menghasilkan
duel-duel klasik yang sangat menarik. Tercatat Eddie Lawson, Randy
Mamola, Freddie Spencer, Wayne Rainey, dan Kevin Schwantz adalah
rider-rider brilian pada masa itu. Generasi tahun 1990 keatas 500cc
didominasi oleh Michael Dohan dengan NSR 500. Doohan berhasil menorehkan
record 5 kali juara dunia hingga cedera memaksa dia harus pensiun dini
dari kancah Motogp (1999).
Giocomo
Agostini sang legenda dengan Jumlah Gelar Juara Dunia Terbanyak Di
MotoGP Dari Semua Kelas AGO Mengoleksi 15 kali Juara Dunia
Setelah
gaung rider Italia meredup pasca Agostini pada tahun 1997 muncul
Valentino Rossi. Rossi adalah rider juara dunia penutup diseri 500cc
2tak sebelum mesin diganti menjadi 4tak 990cc. Pada jenjang
perjalanannya mesin 990cc dirasa terlalu kencang sehingga pihak FIM
mengeluarkan regulasi baru untuk memangkas tingkat kecepatan dengan
tujuan safety (berdasarkan pengalaman meninggalnya Daijaro kato pada
april 2003). So efektif tahun 2007 mesin Motogp dilakukan downgrade lagi
menjadi 800cc hingga sekarang. Analisa para petinggi FIM ternyata
salah, karena mesin 800cc ternyata tidak lebih pelan dari mesin 990
(Kemajuan teknologi) khususnya dalam melahap tikungan sehingga wacana
kuat sedang digodok untuk mengembalikan adu kebut motor kelas premium
ini kembali ke 990cc pada tahun 2012 Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Organisasi dalam MotoGP
Kesuksesan Balap MotoGP tidak terlepas dari organisasi-organisasi yang terlibat di dalamnya Beberapa organisasi yang tergabung dalam komisi Grand Prix antara lain FIM, Dorna, IRTA, dan MSMA. FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) merupakan badan tertinggi di dunia yang mengurusi hal-hal seputar sepeda motor. FIM yang berdiri pada tahun 1904 ini tidak hanya mengurusi balap motor, tetapi juga menjadi pengawas motor-motor produksi yang dijual masal, terutama soal keamanan dan kelayakan. Dalam kegiatan balap motor, FIM adalah badan yang mengurusi dan bertanggung jawab mengenai regulasi dan teknis pelaksanaan balapan, juga mengenai status, taraf, dan kriteria dari sebuah kejuaraan balap motor. Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP, atau dengan kata lain Dorna adalah promotor kejuaraan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event. IRTA (International Road racing Team Association), anggota organisasi ini terdiri dari tim-tim yang mengikuti balapan MotoGP. Organisasi ini berfungsi untuk menyalurkan aspirasi tim dan para pembalap yang tergabung di dalamnya. Dengan organisasi inilah pembalap dapat memberikan masukan dan menentukan hak-hak dan kepentingannya, antara lain nilai kontrak, keamanan dan kelayakan sirkuit. MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) merupakan organisasi dalam MotoGP yang terdiri dari pabrikan-pabrikan motor yang mengikuti kejuaraan MotoGP, seperti Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Kawasaki, dan pabrikan lainnya. Fungsi dari organisasi ini antara lain memutuskan peraturan teknis mengenai regulasi motor bersama dengan organisasi lain yang tergabung di komisi Grand Prix.
Organisasi dalam MotoGP
Kesuksesan Balap MotoGP tidak terlepas dari organisasi-organisasi yang terlibat di dalamnya Beberapa organisasi yang tergabung dalam komisi Grand Prix antara lain FIM, Dorna, IRTA, dan MSMA. FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) merupakan badan tertinggi di dunia yang mengurusi hal-hal seputar sepeda motor. FIM yang berdiri pada tahun 1904 ini tidak hanya mengurusi balap motor, tetapi juga menjadi pengawas motor-motor produksi yang dijual masal, terutama soal keamanan dan kelayakan. Dalam kegiatan balap motor, FIM adalah badan yang mengurusi dan bertanggung jawab mengenai regulasi dan teknis pelaksanaan balapan, juga mengenai status, taraf, dan kriteria dari sebuah kejuaraan balap motor. Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP, atau dengan kata lain Dorna adalah promotor kejuaraan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event. IRTA (International Road racing Team Association), anggota organisasi ini terdiri dari tim-tim yang mengikuti balapan MotoGP. Organisasi ini berfungsi untuk menyalurkan aspirasi tim dan para pembalap yang tergabung di dalamnya. Dengan organisasi inilah pembalap dapat memberikan masukan dan menentukan hak-hak dan kepentingannya, antara lain nilai kontrak, keamanan dan kelayakan sirkuit. MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) merupakan organisasi dalam MotoGP yang terdiri dari pabrikan-pabrikan motor yang mengikuti kejuaraan MotoGP, seperti Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Kawasaki, dan pabrikan lainnya. Fungsi dari organisasi ini antara lain memutuskan peraturan teknis mengenai regulasi motor bersama dengan organisasi lain yang tergabung di komisi Grand Prix.
Karier Pembalap
Terdapat penjenjangan karier bagi para
pembalap yang turun di balap motor dunia, apabila seorang pembalap cukup
berprestasi ia akan direkrut oleh tim yang ada dikelas berikutnya dari
kelas 125 cc, kelas 250 cc, kemudian kelas puncak MotoGP. Pembalap yang
turun di kelas 125 cc sendiri berasal dari pembalap yang berprestasi di
kejuaraan regional atau nasional di negaranya masing-masing, seperti All
Japan road racing di Jepang, ataupun kejuaraan Eropa. Para pembalap
yang turun di kelas puncak MotoGp berasal dari beberapa kejuaraan.
Selain berasal dari kelas 250 cc seperti Valentino Rossi,Marco Melandri,
Daniel Pedrosa, ada pula pembalap yang berasal dari AMA Superbike
seperti Nicky Hayden, dari British Superbike seperti Shane Byrne, juga
dari World Superbike seperti Noriyuki Haga, Colin Edwards, Troy Bayliss,
Neil Hodgson, Ruben Xaus dan Chris Vermeulen. Banyaknya para pembalap
yang berasal dari superbike ini tidak terlepas dari berubahnya kelas
puncak GP motor yang membolehkan penggunaan motor bermesin 4 tak 990 cc
pada tahun 2002, setelah sebelumnya hanya mesin 2 tak 500 cc yang boleh
digunakan.
Spesifikasi
Setiap peraturan mengenai tiap-tiap kelas
balapan dibentuk oleh FIM sebagai organisasi yang berwenang
melakukannya. FIM membentuk dan mengeluarkan peraturan-peraturan baru
yang dipandang sesuai dengan perkembangan balapan. Pada permulaan era
baru MotoGP di tahun 2002, motor bermesin 2 tak 500 cc dan 4 tak 990 cc
dibolehkan untuk digunakan dalam balapan. Kedahsyatan tenaga dari motor
bermesin 4 tak yang mengungguli motor bermesin 2 tak menyingkirkan
seluruh mesin 2 tak dari persaingan, dan musim-musim balap selanjutnya
tidak ada lagi motor 2 tak yang digunakan. Pada tahun 2007, FIM akan
memberlakukan peraturan baru bahwa motor-motor MotoGP akan dibatasi
menjadi 4 tak 800 cc. Alasan yang dikemukakan dari pengurangan kapasitas
silinder mesin ini adalah untuk meningkatkan keamanan pembalap,
mengingat tenaga dan kecepatan puncak yang dihasilkan mesin-mesin MotoGP
telah meningkat secara drastis sejak 2002. Rekor kecepatan MotoGP saat
ini adalah 347,4 km/jam yang dicetak oleh Loris Capirossi dengan motor
Ducati di sirkuit Catalunya, Barcelona pada tahun 2004. Sebagai
perbandingan rekor kecepatan F1 saat ini adalah 369,9 km/jam yang
dicetak oleh Antonio Pizonia dengan mobil BMW, di sirkuit Monza di tahun
2004.
Keputusan
pilihan untuk membatasi kapasitas mesin menjadi 800 cc (daripada dengan
metode pembatasan tenaga lain, seperti pengurangan jumlah gir transmisi
yang diizinkan) menurut para pengamat MotoGP sangat menguntungkan
Honda. Honda menggunakan mesin lima silinder, dan hanya perlu mengurangi
satu silinder untuk membenahi mesin mereka agar sesuai regulasi yang
baru, sementara pabrikan lainnya harus mendesain ulang seluruh mesin
mereka. Pembatasan menjadi 800 cc juga menimbulkan kontroversi bahwa
sepertinya saat ini motor yang digunakan dalam kejuaraan Superbike 1000
cc menjadi yang tercepat dalam balapan motor sirkuit di seluruh dunia.
Mesin yang digunakan dalam kelas 125 cc dibatasi sebanyak satu silinder
dan dengan berat minimal 80 kilogram, sementara untuk kelas 250 cc
dibatasi sebanyak dua silinder dengan berat minimal 100 kilogram.
Motor-motor untuk kelas MotoGP dibolehkan menggunakan mesin dengan
jumlah silinder antara tiga sampai enam silinder, dan terdapat variasi
dalam pembatasan berat tergantung jumlah silinder yang digunakan. Ini
disebabkan sebuah mesin dengan silinder yang lebih banyak, tenaga yang
dihasilkan juga lebih besar, dan batasan berat meningkat. Pada tahun
2006 mesin-mesin yang digunakan di MotoGP adalah mesin empat dan lima
silinder. Honda menggunakan lima silinder, sementara Yamaha, Ducati,
Kawasaki, dan Suzuki menggunakan empat silinder.
Motor-motor
yang digunakan dalam Grandprix motor dibuat tidak hanya untuk balapan
saja, tetapi juga sebagai ajang unjuk kekuatan dan kemajuan teknologi
antar pabrikan. Sebagai hasilnya seluruh mesin-mesin MotoGP dibuat
dengan menggunakan material yang sangat mahal dan ringan seperti
titanium, dan carbon-fiber-reinforced plastic. Motor-motor tersebut juga
menggunakan teknologi yang tidak tersedia untuk konsumsi umum, misalnya
adalah perangkat elektronik yang canggih termasuk telemetri, engine
management systems, kontrol traksi, rem cakram karbon, dan teknologi
mesin modern yang diadopsi dari teknologi mesin mobil F1. Jika
motor-motor yang dipakai di kelas MotoGP hanya dilombakan di tingkat
kejuaraan dunia, motor-motor yang digunakan di kelas 125 cc dan 250 cc
relatif lebih terjangkau. Harga sebuah motor 125 cc kurang lebih sama
dengan sebuah mobil. Motor-motor ini sering digunakan dalam kejuaraan
balap motor nasional di seluruh dunia. Satu dari beberapa tantangan
utama yang dihadapi para pembalap MotoGP dan Insinyur motor MotoGP
adalah bagaimana untuk menyalurkan tenaga mesin yang luar biasa – lebih
dari 240 dk (179 kW), melalui titik kontak dua buah ban dan permukaan
aspal sirkuit dengan lebar hanya sekitar lengan manusia. Sebagai
perbandingan mobil F1 menghasilkan lebih dari 950 dk (700 kW) tetapi
dengan empat buah ban, sehingga memiliki titik kontak permukaan dengan
aspal sepuluh kali lebih lebar dari motor MotoGP
Dani Pedrosa Diperiksa Polisi Karena Berbuat Curang??
MADRID - Pebalap
MotoGP Spanyol, Dani Pedrosa, diperiksa polisi karena diindikasi
berbuat curang saat mengikuti ujian untuk mendapatkan surat izin sebagai
kapten kapal pesiar.
Pedrosa, pebalap tim Repsol Honda,
menjadi satu di antara sekelompok orang yang ditangkap seusai ujian yang
dilakukan di Universidad Politecnica de Valencia, Spanyol, Sabtu lalu.Pejabat lokal yang berwenang mengatakan beberapa peserta ujian diketahui menerima “bocoran” jawaban secara ilegal. Sebanyak 21 orang kemudian dijaring dalam pemeriksaan.
Pedrosa sendiri mengakui perbuatan buruknya ini. “Saya melakukan kesalahan buruk ini karena menerima saran yang sesat,” kata Pedrosa lewat pernyataan tertulis.
Pedrosa merupakan juara dunia kelas 125cc dan 250cc. Ia telah enam kali mengikuti MotoGP dan tahun lalu menempati peringkat empat.
“Saya melakukan kesalahan buruk ini karena menerima saran yang sesat,”
Jeremy Burgess Berat Hati Tinggalkan Ducati, Pahami Keinginan Valentino Rossi
Posted by brianrev in MotoGP
and tagged with Ducati, jeremy burgess, MotoGP, valentino rossi, yamaha
Jeremy Burgess mengaku berat hati untuk meninggalkan proyek pengembangan motor Ducati Desmosedici pada akhir musim nanti. Tetapi sang crew chief Valentino Rossi tersebut dapat memahami keputusan yang diambil The Doctor untuk kembali bersatu bersama Yamaha sebelum memutuskan pensiun.
Ducati: Dovi Resmi Gantikan Rossi
BRNO – Pembalap
Andrea Dovizioso sudah resmi mengikat kerja sama dengan Ducati.
Dovizioso akan menggantikan posisi bintang Valentino Rossi mulai musim
2013 mendatang
Awal bulan
ini, Yamaha secara resmi mengumumkan telah merekrut kembali Rossi
setelah juara tujuh kali MotoGP itu menyatakan sudah tidak mampu lagi
untuk menunggangi kuda besi milik Ducati.
Sejak saat
itu, Dovizioso dikaitkan untuk menggantikan posisi Rossi. Menjelang
balapan MotoGP Ceska di Brno, pembalap Yamaha Tech 3 itu telah mencapai
kesepakatan untuk bekerja sama dengan pabrikan motor asal Italia itu.
“Kesepakatan
yang dicapai dengan Andrea Dovizioso menegaskan minat utama perusahaan
dalam balapan, yang mana merupakan bagian aktif dari strategi Ducati
DNA,” demikian pernyataan presiden Ducati, Gabriele Del Torchio.
“Dengan senang hati saya menyambut kedatangan Dovizioso, mengingat kami akan berusaha keras untuk tetap berada di papan atas kejuaraan MotoGP,” lanjut Del Torchio, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (23/8/2012).
“Dengan senang hati saya menyambut kedatangan Dovizioso, mengingat kami akan berusaha keras untuk tetap berada di papan atas kejuaraan MotoGP,” lanjut Del Torchio, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (23/8/2012).
Dengan
demikian, pembalap asal Italia tersebut akan berpasangan dengan Nicky
Hayden pada MotoGP 2013 mendatang. Hayden sudah memperpanjang kontrak
kerja sama terlebih dahulu dengan Ducati.
“Bersama
dengan Nicky Hayden, pembalap yang sudah kami memperbaharui kontrak
kerja, kami yakin bisa meneruskan program pengembangan, untuk bersaing
dan mendapatkan hasil sehingga bisa membayar kepercayaan fans, rekan dan
sponsor kami,” tandasnya.
Gibernau Pensiun Karena Gagal di Ducati, Rossi Juga?
Sete Gibernau Mengakhiri Karirnya di Ducati, Akankah Rossi Mengikuti Jejaknya?
Masih
ingatkah anda siapa dalam foto ini? Tentunya ini Sete Gibernau yang
merupakan mantan rival terberat Rossi pada era MotoGP 4 Tak 990cc. Tahun
2006, Gibernau mencoba peruntungan baru dengan bergabung di Tim
pabrikan Ducati setelah sebelumnya berada di Tim Satelit Telefonica
Movistar Honda.
Loris Capirossi Bakal Uji Coba Motor Yamaha dan Honda di Tes Brno
•LORIS CAPIROSSI is back•
Loris Capirossi bakal kembali
beraksi untuk membesut motor MotoGP untuk pertama kalinya sejak ia
menunggangi Ducati GP11 pada balapan Valencia musim 2011.
Capirossi memutuskan untuk pensiun
dari ajang balap MotoGP pada akhir musim lalu dan saat ini ia menjabat
sebagai penasihat keamanan di MotoGP.
Loris Capirossi akan mengikuti sesi tes selama satu hari yang akan diselenggarakan di Sirkuit Brno, Ceko pada Hari Senin (27/8). Sang juara dunia pada kelas 125cc dan 250cc tersebut akan mendapat kesempatan untuk menjajal motor Yamaha YZR-M1, Honda RC213V. Tak hanya itu, kemungkinan besar Capirex akan turut mencoba motor CRT seperti Suter-BMW dan FTR CRT.
Loris Capirossi akan mengikuti sesi tes selama satu hari yang akan diselenggarakan di Sirkuit Brno, Ceko pada Hari Senin (27/8). Sang juara dunia pada kelas 125cc dan 250cc tersebut akan mendapat kesempatan untuk menjajal motor Yamaha YZR-M1, Honda RC213V. Tak hanya itu, kemungkinan besar Capirex akan turut mencoba motor CRT seperti Suter-BMW dan FTR CRT.
Loris
Capirossi yang sukses menjuarai sembilan balapan saat berlaga di kelas
MotoGP berkata: ”Ini merupakan sebuah kesempatan besar untuk saya karena
saya sudah menantikan untuk bisa mengetes motor 1000cc. Penting bagi
saya untuk mengetahui bagaimana motor MotoGP bekerja sekarang ini, agar
lebih baik dalam memahami masukan yang saya terima dari para pembalap
dan juga dalam pekerjaan saya bersama Bridgestone menyusul adanya
pengembangan spesifikasi ban baru. Jadi, saya yakin, pengalaman ini akan
penting dalam pengembangan motor di kelas MotoGP untuk ke depannya.”
Iannone dan Redding Jajal Ducati
Tim MotoGP
Ducati mulai melirik pebalap di moto2 buat mengganti posisi Valentino
Rossi seandainya jadi hengkang (balik) ke Yamaha. Pekan ini, Ducati akan
membawa pebalap Scott Reading (Inggris) dan Andrea Iannone ke sirkuit
Mugello untuk program tes.
MotoGP Brno: Dihantam Batu, Dani Pedrosa Lolos Cedera
Posted by brianrev in MotoGP
and tagged with dani pedrosa, Ducati, MotoGP, Repsol Honda, valentino rossi
Dani Pedrosa lolos dari cedera pasca mengalami insiden pada sesi latihan bebas pertama MotoGP Ceko yang diselenggarakan di Sirkuit Brno pada Hari Jumat.
Penyebab dari insiden tersebut bermula dari kesalahan yang dilakukan Valentino Rossi saat keluar dari tikungan terakhir menuju trek lurus. Rossi melebar dan bagian belakang motor Desmosedici yang ditungganginya melaju di atas rerumputan yang membuat dua buah batu besar terlempar dan menghantam Dani Pedrosa yang berada di belakangnya.
Insiden tersebut membuat Pedrosa merasakan sakit pada kakinya namun pembalap Repsol Honda itu masih bisa menjadi pembalap tercepat yang merajai dua sesi free practice Hari Jumat.
Stoner Keluhkan Performa Kuda Besinya
Sabtu, 28 Juli 2012 19:05 wib
Casey Stoner. (Foto: Daylife)
Seperti diketahui, hasil dari sesi latihan bebas pertama dan kedua Stoner hanya mampu berada di posisi ketiga. Hasil itu berbeda dengan rekan setimnya Dani Pedrosa yang sukses berada di posisi pertama dalam dua sesi latihan bebas tersebut.
Memang Pedrosa terlihat lebih nyaman dengan motor barunya itu, berbeda dengan Stoner. Mantan pembalap Ducati itu merasakan motor terbarunya tidak bekerja dengan baik sejak sesi tes MotoGP di Mugello beberapa minggu lalu.
Maka dari itu Stoner sangat mengharapkan timnya lakukan perubahan dengan mencoba beberapa komponen terbaru demi meraih hasil lebih baik. Pasalnya, hasil update Honda yang terbaru lebih buruk dibandingkan motor standar yang digunakan Stoner selama ini.
“Kami telah mencoba banyak hal pada sesi tes di Mugello. Tetapi jujur, hanya sedikit peningkatan performa yang kami dapat dibandingkan motor yang telah saya gunakan pada beberapa seri terakhir,” keluh Stoner, seperti dilansir Crash, Sabtu (28/7/2012).
“Namun, saya mengharapkan agar Honda tetap memasok beberapa komponen terbaru untuk kami uji coba. Kita lihat saja dengan apa yang bisa kami lakukan dengan performa seadanya di Laguna Seca,” keluhnya. (min)
Valentino Rossi Besut Ducati Seperti Valentino Rossi
Valentino Rossi membalap seperti Valentino Rossi pada saat menjalani sesi latihan bebas Hari Jumat MotoGP Ceko yang digelar di Sirkuit Brno.
Absennya Casey Stoner, Nicky Hayden dan Hector Barbera memang membuat posisi yang diraih Valentino Rossi membaik. Akan tetapi, catatan waktu sang juara dunia sebanyak sembilan kali tersebut hanya berselisih 0.457 detik dari Dani Pedrosa yang menjadi pembalap tercepat pada sesi free practice kedua.
Padahal, kondisi trek kering Sirkuit Brno pada hari pertama latihan kurang ideal yang menyebabkan banyak pembalap terjatuh.
Valentino Rossi yang berada di urutan keenam merasa optimis untuk melakoni sesi kualifikasi yang bergulir pada Hari Sabtu dan pembalap Ducati tersebut berkata, “Hari ini lebih baik dan kami telah mencoba beberapa settingan yang berbeda. Saya senang terutama karena gap dengan pembalap tercepat kurang dari setengah detik.
“Hasil ini penting bagi kami karena pada dua balapan terakhir di Amerika berjalan sangat sulit. Jadi, bisa melaju cepat merupakan hal yang penting.
“Tahun lalu di Brno saya membalap cukup baik pada saat kondisi trek kering. Tahun lalu merupakan salah satu balapan terbaik saya, jadi kami akan memastikan kalau Ducati bisa cepat di Brno hingga membuat saya bisa tampil maksimal dan tidak terlalu jauh dari pembalap terdepan.
“Besok kami mencoba sejumlah hal, tetapi yang jelas, pembalap tercepat lainnya akan melaju kencang dan saya akan mencoba untuk melakoni sesi kualifikasi dengan lebih baik ketimbang dua balapan terakhir.”
Tetapi Valentino Rossi membantah kalau kemajuan pesat yang diraihnya saat membesut motor Desmosedici GP12 pada sesi latihan bebas berhubungan dengan kepindahannya ke Yamaha musim depan.
“Di Laguna dan Indy saya kesulitan untuk mengendarai motor. Kami tak pernah menemukan settingan yang tepat dan saya memiliki banyak permasalahan saat membalap di trek yang berbelok ke kiri. Cara saya membalap pekan ini sama saja dengan minggu lalu. Tetapi di sinilah saya bisa membalap dengan lebih baik,” imbuh Rossi.
Langganan:
Postingan (Atom)