Jumat, 24 Agustus 2012

Valentino Rossi: Duel Sengit Lorenzo vs Pedrosa Bisa Bersambung Sampai Episode Terakhir

valentino rossi brno
Valentino Rossi memperkirakan duel sengit perburuan gelar juara dunia yang diperebutkan antara Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa bakal bersambung hingga episode terakhir saat MotoGP ‘syuting’ di Sirkuit Valencia.

Sejarah MotoGP

MotoGP adalah kejuaran adu kebut Motor Tertua Di Dunia
 
MotoGP Logo
 
Lomba adu kebut motor sudah dikenal sejak tahun 1900. Kala itu dikelola oleh FICM (Federation Internationale Des Clubs Motocyclistes) disebut sebagai kakek buyutnya FIM saat ini. Lomba dominan dilakukan dieropa karena perkembangan tehnologi khususnya motor belum begitu mendunia pada masa itu. FICM yang dibentuk pada tahun 1938 mengumumkan sebuah kejuaraan balap motor dieropa. Tapi rencana tersebut tidak berjalan mulus dikarenakan terbentur dengan meletusnya perang dunia dua. Setelah perang usai baru kejuaraan balap motor hidup kembali, pelan tapi pasti kompetisi sudah mulai merambah ke tingkat internasional. Kejuaraan Motogp akhirnya diadakan secara resmi pada tahun 1949, dibagi 4 kelas yaitu kelas utama 500cc, 350cc, 250cc dan 125cc.
Tercatat gelaran motogp juara dunia pertama kali dimenangkan oleh Leslie Graham tergabung dalam AJS Porcupine team(500cc), Freddie frith pada Velocette team (350cc), Bruno Ruffo pada Moto guzzi team (250cc) dan Nello Pagani pada Mondial team (125cc). Dekade itu manufaktur Italia, Mondial dan Moto Guzzi bersama Gilera dan MV Agusta mendominasi perlombaan Motogp. Puncaknya adalah sekitar tahun 1950an MV Agusta tidak tanggung-tanggung mereka menyapu bersih 4 kelas berbeda dalam 3 musim berturut-turut (1958-1960). Dan selama 17 tahun dominasinya di 500cc tidak pernah terpecahkan sebagai pabrikan yang bisa memenangkan kelas para raja itu secara berkesinambungan sejak tahun 1958 – 1974 hingga akhirnya pelan-pelan mahkota itu digerogoti oleh pabrikan Jepang yang mulai exist setelah perang dunia II. Motor-motor Jepang mulai booming ditahun 1960. Lewat tiga merk kala itu Honda, Suzuki dan Yamaha meneror pabrikan Italia disemua kelas 125cc, 250cc dan 500cc (1960an). Image and video hosting by TinyPic Untuk rider, akhir 1960 munculah sebuah nama yg cukup menonjol karena prestasinya yaitu Giacomo Agostini. tahun 1960 adalah tahun bersejarah buat Giacomo Agostini.
 
DUO LEGENDA MOTOGP VALENTINO ROSSI & GIOCOMO AGOSTINI

 
Tahun itulah dia mulai mengukir namanya dalam sejarah Motogp. Giacomo Agostini adalah rider tersukses sepanjang masa (hanya Valentino Rossi yang mendekati rekornya). Masa keemasannya ketika dia menunggangi MV-Agusta (1968). Karena semakin mahalnya biaya memaksa pabrikan Jepang menarik diri ikut Motogp dan hanya Yamaha yang tersisa kala itu. Hingga awal 1970an baru mereka kembali bergabung. Pada periode itu gelar juara dunia diperebutkan oleh pabrikan eropa (Bultaco, Kreidler, Morbidelli, dan MV Agusta) Amerika (Harley Davidson) dan Jepang (Yamaha, Honda, Kawasaki). Dominasi MV Agusta sudah sedikit terganggu oleh motor-motor dari Jepang. Setelah hampir 12thn istirahat Honda kembali dikancah Motogp (pertengahan 1970) dan pada sekitar tahun 1983 mereka mengganti filosofi dari mesin 4tak berganti mesin 2tak (V3 500) lebih terkenal dengan NS500. NS500 sukses mengantarkan Honda menjadi juara dunia untuk pertama kalinya joint dimotogp lewat rider Freddie Spencer. Tahun 1980-1990 adalah tahun dimana pabrikan Jepang sangat mendominasi. Pada tahun itulah kualitas motor racing masuk pada tahap tehnologi modern dengan tingkat persaingan sangat ketat. Pertarungan antar merk yaitu yamaha, Honda dan Suzuki menghasilkan duel-duel klasik yang sangat menarik. Tercatat Eddie Lawson, Randy Mamola, Freddie Spencer, Wayne Rainey, dan Kevin Schwantz adalah rider-rider brilian pada masa itu. Generasi tahun 1990 keatas 500cc didominasi oleh Michael Dohan dengan NSR 500. Doohan berhasil menorehkan record 5 kali juara dunia hingga cedera memaksa dia harus pensiun dini dari kancah Motogp (1999).
 
Giocomo Agostini sang legenda dengan Jumlah Gelar Juara Dunia Terbanyak Di MotoGP Dari Semua Kelas AGO Mengoleksi 15 kali Juara Dunia
Setelah gaung rider Italia meredup pasca Agostini pada tahun 1997 muncul Valentino Rossi. Rossi adalah rider juara dunia penutup diseri 500cc 2tak sebelum mesin diganti menjadi 4tak 990cc. Pada jenjang perjalanannya mesin 990cc dirasa terlalu kencang sehingga pihak FIM mengeluarkan regulasi baru untuk memangkas tingkat kecepatan dengan tujuan safety (berdasarkan pengalaman meninggalnya Daijaro kato pada april 2003). So efektif tahun 2007 mesin Motogp dilakukan downgrade lagi menjadi 800cc hingga sekarang. Analisa para petinggi FIM ternyata salah, karena mesin 800cc ternyata tidak lebih pelan dari mesin 990 (Kemajuan teknologi) khususnya dalam melahap tikungan sehingga wacana kuat sedang digodok untuk mengembalikan adu kebut motor kelas premium ini kembali ke 990cc pada tahun 2012 Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic
Organisasi dalam MotoGP
Kesuksesan Balap MotoGP tidak terlepas dari organisasi-organisasi yang terlibat di dalamnya Beberapa organisasi yang tergabung dalam komisi Grand Prix antara lain FIM, Dorna, IRTA, dan MSMA. FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) merupakan badan tertinggi di dunia yang mengurusi hal-hal seputar sepeda motor. FIM yang berdiri pada tahun 1904 ini tidak hanya mengurusi balap motor, tetapi juga menjadi pengawas motor-motor produksi yang dijual masal, terutama soal keamanan dan kelayakan. Dalam kegiatan balap motor, FIM adalah badan yang mengurusi dan bertanggung jawab mengenai regulasi dan teknis pelaksanaan balapan, juga mengenai status, taraf, dan kriteria dari sebuah kejuaraan balap motor. Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP, atau dengan kata lain Dorna adalah promotor kejuaraan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event. IRTA (International Road racing Team Association), anggota organisasi ini terdiri dari tim-tim yang mengikuti balapan MotoGP. Organisasi ini berfungsi untuk menyalurkan aspirasi tim dan para pembalap yang tergabung di dalamnya. Dengan organisasi inilah pembalap dapat memberikan masukan dan menentukan hak-hak dan kepentingannya, antara lain nilai kontrak, keamanan dan kelayakan sirkuit. MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) merupakan organisasi dalam MotoGP yang terdiri dari pabrikan-pabrikan motor yang mengikuti kejuaraan MotoGP, seperti Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Kawasaki, dan pabrikan lainnya. Fungsi dari organisasi ini antara lain memutuskan peraturan teknis mengenai regulasi motor bersama dengan organisasi lain yang tergabung di komisi Grand Prix.
Karier Pembalap
Legenda MotoGp
Terdapat penjenjangan karier bagi para pembalap yang turun di balap motor dunia, apabila seorang pembalap cukup berprestasi ia akan direkrut oleh tim yang ada dikelas berikutnya dari kelas 125 cc, kelas 250 cc, kemudian kelas puncak MotoGP. Pembalap yang turun di kelas 125 cc sendiri berasal dari pembalap yang berprestasi di kejuaraan regional atau nasional di negaranya masing-masing, seperti All Japan road racing di Jepang, ataupun kejuaraan Eropa. Para pembalap yang turun di kelas puncak MotoGp berasal dari beberapa kejuaraan. Selain berasal dari kelas 250 cc seperti Valentino Rossi,Marco Melandri, Daniel Pedrosa, ada pula pembalap yang berasal dari AMA Superbike seperti Nicky Hayden, dari British Superbike seperti Shane Byrne, juga dari World Superbike seperti Noriyuki Haga, Colin Edwards, Troy Bayliss, Neil Hodgson, Ruben Xaus dan Chris Vermeulen. Banyaknya para pembalap yang berasal dari superbike ini tidak terlepas dari berubahnya kelas puncak GP motor yang membolehkan penggunaan motor bermesin 4 tak 990 cc pada tahun 2002, setelah sebelumnya hanya mesin 2 tak 500 cc yang boleh digunakan.
Spesifikasi
Mesin Prototype MotoGP
Setiap peraturan mengenai tiap-tiap kelas balapan dibentuk oleh FIM sebagai organisasi yang berwenang melakukannya. FIM membentuk dan mengeluarkan peraturan-peraturan baru yang dipandang sesuai dengan perkembangan balapan. Pada permulaan era baru MotoGP di tahun 2002, motor bermesin 2 tak 500 cc dan 4 tak 990 cc dibolehkan untuk digunakan dalam balapan. Kedahsyatan tenaga dari motor bermesin 4 tak yang mengungguli motor bermesin 2 tak menyingkirkan seluruh mesin 2 tak dari persaingan, dan musim-musim balap selanjutnya tidak ada lagi motor 2 tak yang digunakan. Pada tahun 2007, FIM akan memberlakukan peraturan baru bahwa motor-motor MotoGP akan dibatasi menjadi 4 tak 800 cc. Alasan yang dikemukakan dari pengurangan kapasitas silinder mesin ini adalah untuk meningkatkan keamanan pembalap, mengingat tenaga dan kecepatan puncak yang dihasilkan mesin-mesin MotoGP telah meningkat secara drastis sejak 2002. Rekor kecepatan MotoGP saat ini adalah 347,4 km/jam yang dicetak oleh Loris Capirossi dengan motor Ducati di sirkuit Catalunya, Barcelona pada tahun 2004. Sebagai perbandingan rekor kecepatan F1 saat ini adalah 369,9 km/jam yang dicetak oleh Antonio Pizonia dengan mobil BMW, di sirkuit Monza di tahun 2004.
Keputusan pilihan untuk membatasi kapasitas mesin menjadi 800 cc (daripada dengan metode pembatasan tenaga lain, seperti pengurangan jumlah gir transmisi yang diizinkan) menurut para pengamat MotoGP sangat menguntungkan Honda. Honda menggunakan mesin lima silinder, dan hanya perlu mengurangi satu silinder untuk membenahi mesin mereka agar sesuai regulasi yang baru, sementara pabrikan lainnya harus mendesain ulang seluruh mesin mereka. Pembatasan menjadi 800 cc juga menimbulkan kontroversi bahwa sepertinya saat ini motor yang digunakan dalam kejuaraan Superbike 1000 cc menjadi yang tercepat dalam balapan motor sirkuit di seluruh dunia. Mesin yang digunakan dalam kelas 125 cc dibatasi sebanyak satu silinder dan dengan berat minimal 80 kilogram, sementara untuk kelas 250 cc dibatasi sebanyak dua silinder dengan berat minimal 100 kilogram. Motor-motor untuk kelas MotoGP dibolehkan menggunakan mesin dengan jumlah silinder antara tiga sampai enam silinder, dan terdapat variasi dalam pembatasan berat tergantung jumlah silinder yang digunakan. Ini disebabkan sebuah mesin dengan silinder yang lebih banyak, tenaga yang dihasilkan juga lebih besar, dan batasan berat meningkat. Pada tahun 2006 mesin-mesin yang digunakan di MotoGP adalah mesin empat dan lima silinder. Honda menggunakan lima silinder, sementara Yamaha, Ducati, Kawasaki, dan Suzuki menggunakan empat silinder.
Motor-motor yang digunakan dalam Grandprix motor dibuat tidak hanya untuk balapan saja, tetapi juga sebagai ajang unjuk kekuatan dan kemajuan teknologi antar pabrikan. Sebagai hasilnya seluruh mesin-mesin MotoGP dibuat dengan menggunakan material yang sangat mahal dan ringan seperti titanium, dan carbon-fiber-reinforced plastic. Motor-motor tersebut juga menggunakan teknologi yang tidak tersedia untuk konsumsi umum, misalnya adalah perangkat elektronik yang canggih termasuk telemetri, engine management systems, kontrol traksi, rem cakram karbon, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari teknologi mesin mobil F1. Jika motor-motor yang dipakai di kelas MotoGP hanya dilombakan di tingkat kejuaraan dunia, motor-motor yang digunakan di kelas 125 cc dan 250 cc relatif lebih terjangkau. Harga sebuah motor 125 cc kurang lebih sama dengan sebuah mobil. Motor-motor ini sering digunakan dalam kejuaraan balap motor nasional di seluruh dunia. Satu dari beberapa tantangan utama yang dihadapi para pembalap MotoGP dan Insinyur motor MotoGP adalah bagaimana untuk menyalurkan tenaga mesin yang luar biasa – lebih dari 240 dk (179 kW), melalui titik kontak dua buah ban dan permukaan aspal sirkuit dengan lebar hanya sekitar lengan manusia. Sebagai perbandingan mobil F1 menghasilkan lebih dari 950 dk (700 kW) tetapi dengan empat buah ban, sehingga memiliki titik kontak permukaan dengan aspal sepuluh kali lebih lebar dari motor MotoGP

Dani Pedrosa Diperiksa Polisi Karena Berbuat Curang??


pedrosa_refreshed
MADRID - Pebalap MotoGP Spanyol, Dani Pedrosa, diperiksa polisi karena diindikasi berbuat curang saat mengikuti ujian untuk mendapatkan surat izin sebagai kapten kapal pesiar.
Pedrosa, pebalap tim Repsol Honda,  menjadi satu di antara sekelompok orang yang ditangkap seusai ujian yang dilakukan di Universidad Politecnica de Valencia, Spanyol, Sabtu lalu.
Pejabat lokal yang berwenang mengatakan beberapa peserta ujian diketahui menerima “bocoran” jawaban secara ilegal. Sebanyak 21 orang kemudian dijaring dalam pemeriksaan.
Pedrosa sendiri mengakui perbuatan buruknya ini. “Saya melakukan kesalahan buruk ini karena menerima saran yang sesat,” kata Pedrosa lewat pernyataan tertulis.
“Anda dapat mengabaikan atau belajar dari setiap kesalahan yang Anda lakukan. Saya belajar dari hal ini. Saya juga meminta maaf kepada semua penggemar saya,” ungkap Pedrosa. “Saat ini saya hanya ingin melihat ke depan. Saya seorang pebalap motor dan saya akan fokus pada kejuaraan dunia yang dimulai di Qatar pekan ini.”
Pedrosa merupakan juara dunia kelas 125cc dan 250cc. Ia telah enam kali mengikuti MotoGP dan tahun lalu menempati peringkat empat.
“Saya melakukan kesalahan buruk ini karena menerima saran yang sesat,”

Jeremy Burgess Berat Hati Tinggalkan Ducati, Pahami Keinginan Valentino Rossi

valentino rossi y jeremy burgess
Jeremy Burgess mengaku berat hati untuk meninggalkan proyek pengembangan motor Ducati Desmosedici pada akhir musim nanti. Tetapi sang crew chief Valentino Rossi tersebut dapat memahami keputusan yang diambil The Doctor untuk kembali bersatu bersama Yamaha sebelum memutuskan pensiun.

Ducati: Dovi Resmi Gantikan Rossi


dovi.rossi_preview_big
BRNO – Pembalap Andrea Dovizioso sudah resmi mengikat kerja sama dengan Ducati. Dovizioso akan menggantikan posisi bintang Valentino Rossi mulai musim 2013 mendatang
Awal bulan ini, Yamaha secara resmi mengumumkan telah merekrut kembali Rossi setelah juara tujuh kali MotoGP itu menyatakan sudah tidak mampu lagi untuk menunggangi kuda besi milik Ducati.
Sejak saat itu, Dovizioso dikaitkan untuk menggantikan posisi Rossi. Menjelang balapan MotoGP Ceska di Brno, pembalap Yamaha Tech 3 itu telah mencapai kesepakatan untuk bekerja sama dengan pabrikan motor asal Italia itu.
Andrea Dovizioso. (Foto: Reuters)“Kesepakatan yang dicapai dengan Andrea Dovizioso menegaskan minat utama perusahaan dalam balapan, yang mana merupakan bagian aktif dari strategi Ducati DNA,” demikian pernyataan presiden Ducati, Gabriele Del Torchio.

“Dengan senang hati saya menyambut kedatangan Dovizioso, mengingat kami akan berusaha keras untuk tetap berada di papan atas kejuaraan MotoGP,” lanjut Del Torchio, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (23/8/2012).
Dengan demikian, pembalap asal Italia tersebut akan berpasangan dengan Nicky Hayden pada MotoGP 2013 mendatang. Hayden sudah memperpanjang kontrak kerja sama terlebih dahulu dengan Ducati.
“Bersama dengan Nicky Hayden, pembalap yang sudah kami memperbaharui kontrak kerja, kami yakin bisa meneruskan program pengembangan, untuk bersaing dan mendapatkan hasil sehingga bisa membayar kepercayaan fans, rekan dan sponsor kami,” tandasnya.

celender motoGP 2012

 
by: rachmat witular ramlan

Gibernau Pensiun Karena Gagal di Ducati, Rossi Juga?


gibernau-13062008
 
Sete Gibernau Mengakhiri Karirnya di Ducati, Akankah Rossi Mengikuti Jejaknya?
 
Masih ingatkah anda siapa dalam foto ini? Tentunya ini Sete Gibernau yang merupakan mantan rival terberat Rossi pada era MotoGP 4 Tak 990cc. Tahun 2006, Gibernau mencoba peruntungan baru dengan bergabung di Tim pabrikan Ducati setelah sebelumnya berada di Tim Satelit Telefonica Movistar Honda.

Loris Capirossi Bakal Uji Coba Motor Yamaha dan Honda di Tes Brno


•LORIS CAPIROSSI is back•

Loris Capirossi bakal kembali beraksi untuk membesut motor MotoGP untuk pertama kalinya sejak ia menunggangi Ducati GP11 pada balapan Valencia musim 2011.
Capirossi memutuskan untuk pensiun dari ajang balap MotoGP pada akhir musim lalu dan saat ini ia menjabat sebagai penasihat keamanan di MotoGP.

Loris Capirossi akan mengikuti sesi tes selama satu hari yang akan diselenggarakan di Sirkuit Brno, Ceko pada Hari Senin (27/8). Sang juara dunia pada kelas 125cc dan 250cc tersebut akan mendapat kesempatan untuk menjajal motor Yamaha YZR-M1, Honda RC213V. Tak hanya itu, kemungkinan besar Capirex akan turut mencoba motor CRT seperti Suter-BMW dan FTR CRT.

Loris Capirossi 65 Loris Capirossi yang sukses menjuarai sembilan balapan saat berlaga di kelas MotoGP berkata: ”Ini merupakan sebuah kesempatan besar untuk saya karena saya sudah menantikan untuk bisa mengetes motor 1000cc. Penting bagi saya untuk mengetahui bagaimana motor MotoGP bekerja sekarang ini, agar lebih baik dalam memahami masukan yang saya terima dari para pembalap dan juga dalam pekerjaan saya bersama Bridgestone menyusul adanya pengembangan spesifikasi ban baru. Jadi, saya yakin, pengalaman ini akan penting dalam pengembangan motor di kelas MotoGP untuk ke depannya.”

Iannone dan Redding Jajal Ducati

d3b1430a918a264e7e51c729fade2da2_p 
Tim MotoGP Ducati mulai melirik pebalap di moto2 buat mengganti posisi Valentino Rossi seandainya jadi hengkang (balik) ke Yamaha. Pekan ini, Ducati akan membawa pebalap Scott Reading (Inggris) dan Andrea Iannone ke sirkuit Mugello untuk program tes.

MotoGP Brno: Dihantam Batu, Dani Pedrosa Lolos Cedera


dani pedrosa brno




Dani Pedrosa lolos dari cedera pasca mengalami insiden pada sesi latihan bebas pertama MotoGP Ceko yang diselenggarakan di Sirkuit Brno pada Hari Jumat.

Penyebab dari insiden tersebut bermula dari kesalahan yang dilakukan Valentino Rossi saat keluar dari tikungan terakhir menuju trek lurus. Rossi melebar dan bagian belakang motor Desmosedici yang ditungganginya melaju di atas rerumputan yang membuat dua buah batu besar terlempar dan menghantam Dani Pedrosa yang berada di belakangnya.
Insiden tersebut membuat Pedrosa merasakan sakit pada kakinya namun pembalap Repsol Honda itu masih bisa menjadi pembalap tercepat yang merajai dua sesi free practice Hari Jumat.

Stoner Keluhkan Performa Kuda Besinya

Sabtu, 28 Juli 2012 19:05 wib
Casey Stoner. (Foto: Daylife)
Casey Stoner. (Foto: Daylife)
MONTEREY - Casey Stoner mengungkapkan bahwa dirinya ingin sekali tim Repsol Honda melakukan update terbaru pada tunggangannya. Hal ini tak lepas dengan hasil pada sesi latihan bebas MotoGP AS di Sirkuit Laguna Seca, Sabtu (28/7) dini hari WIB.

Seperti diketahui, hasil dari sesi latihan bebas pertama dan kedua Stoner hanya mampu berada di posisi ketiga. Hasil itu berbeda dengan rekan setimnya Dani Pedrosa yang sukses berada di posisi pertama dalam dua sesi latihan bebas tersebut.

Memang Pedrosa terlihat lebih nyaman dengan motor barunya itu, berbeda dengan Stoner. Mantan pembalap Ducati itu merasakan motor terbarunya tidak bekerja dengan baik sejak sesi tes MotoGP di Mugello beberapa minggu lalu.

Maka dari itu Stoner sangat mengharapkan timnya lakukan perubahan dengan mencoba beberapa komponen terbaru demi meraih hasil lebih baik. Pasalnya, hasil update Honda yang terbaru lebih buruk dibandingkan motor standar yang digunakan Stoner selama ini.

“Kami telah mencoba banyak hal pada sesi tes di Mugello. Tetapi jujur, hanya sedikit peningkatan performa yang kami dapat dibandingkan motor yang telah saya gunakan pada beberapa seri terakhir,” keluh Stoner, seperti dilansir Crash, Sabtu (28/7/2012).

“Namun, saya mengharapkan agar Honda tetap memasok beberapa komponen terbaru untuk kami uji coba. Kita lihat saja dengan apa yang bisa kami lakukan dengan performa seadanya di Laguna Seca,” keluhnya. (min)

Valentino Rossi Besut Ducati Seperti Valentino Rossi


valentino rossi ducati brno



Valentino Rossi membalap seperti Valentino Rossi pada saat menjalani sesi latihan bebas Hari Jumat MotoGP Ceko yang digelar di Sirkuit Brno.

Absennya Casey Stoner, Nicky Hayden dan Hector Barbera memang membuat posisi yang diraih Valentino Rossi membaik. Akan tetapi, catatan waktu sang juara dunia sebanyak sembilan kali tersebut hanya berselisih 0.457 detik dari Dani Pedrosa yang menjadi pembalap tercepat pada sesi free practice kedua.
Padahal, kondisi trek kering Sirkuit Brno pada hari pertama latihan kurang ideal yang menyebabkan banyak pembalap terjatuh.
Valentino Rossi yang berada di urutan keenam merasa optimis untuk melakoni sesi kualifikasi yang bergulir pada Hari Sabtu dan pembalap Ducati tersebut berkata, “Hari ini lebih baik dan kami telah mencoba beberapa settingan yang berbeda. Saya senang terutama karena gap dengan pembalap tercepat kurang dari setengah detik.
“Hasil ini penting bagi kami karena pada dua balapan terakhir di Amerika berjalan sangat sulit. Jadi, bisa melaju cepat merupakan hal yang penting.
“Tahun lalu di Brno saya membalap cukup baik pada saat kondisi trek kering. Tahun lalu merupakan salah satu balapan terbaik saya, jadi kami akan memastikan kalau Ducati bisa cepat di Brno hingga membuat saya bisa tampil maksimal dan tidak terlalu jauh dari pembalap terdepan.
“Besok kami mencoba sejumlah hal, tetapi yang jelas, pembalap tercepat lainnya akan melaju kencang dan saya akan mencoba untuk melakoni sesi kualifikasi dengan lebih baik ketimbang dua balapan terakhir.”
Tetapi Valentino Rossi membantah kalau kemajuan pesat yang diraihnya saat membesut motor Desmosedici GP12 pada sesi latihan bebas berhubungan dengan kepindahannya ke Yamaha musim depan.
“Di Laguna dan Indy saya kesulitan untuk mengendarai motor. Kami tak pernah menemukan settingan yang tepat dan saya memiliki banyak permasalahan saat membalap di trek yang berbelok ke kiri. Cara saya membalap pekan ini sama saja dengan minggu lalu. Tetapi di sinilah saya bisa membalap dengan lebih baik,” imbuh Rossi.