Senin, 24 September 2012

Rossi dan Hayden Temukan Kemajuan di Tes Misano


 marco simoncelli misano valentino rossi y nicky hayden

Ducati sukses melakukan tes di Misano pada Hari Senin (17/9).

Ducati melakukan tes terhadap rangka dan elektronik pada motor Desmosedici GP12 dengan bantuan Valentino Rossi, Nicky Hayden dan test rider, Franco Battaini.
Valentino Rossi menjajal rangka baru yang memiliki geometri yang sama seperti sasis yang ia pakai saat menjalani balapan MotoGP Misano pada Hari Minggu, namun dengan mengadopsi tingkat kelenturan yang berbeda. Selain itu, The Doctor merasa terkesan dengan swingarm baru yang akan dibawa Ducati untuk race Aragon.
Rossi melakukan tes selama 53 lap dan pembalap yang finish kedua di balapan Misano tersebut menjelaskan: “Ini merupakan hari yang bagus. Hari ini kami mencoba rangka berbeda yang memiliki kelenturan berbeda. Tetapi sejujurnya saya tidak terlalu menyukainya. Rangka tersebut memang bisa memperbaiki sejumlah bagian, tetapi kami juga mendapat masalah baru di area yang lain. Kesimpulannya, rangka tersebut bukanlah suatu kemajuan, jadi menurut saya, kami tidak akan mempergunakannya kembali.
“Namun hal positifnya adalah, kami mencoba swingarm baru yang sangat saya sukai karena memberi saya lebih banyak grip saat berakselerasi. Ini membuat motornya bisa lebih stabil saat keluar dari tikungan. Jadi, menurut saya, kami akan mempergunakan swingarm baru mulai di Aragon. Jadi di sana kita akan lihat bagaimana potensi kami saat membalap di trek lain.”
Akhirnya Nicky Hayden turun tangan pada tes kali ini walaupun cedera tangan yang dideritanya masih belum pulih. Hayden berkesempatan untuk mencoba rangka baru yang dipakai Rossi untuk membalap pada Hari Minggu dan kesan pertamanya terhadap rangka tersebut cukup bagus walaupun ia belum bisa mengetesnya lebih mendalam karena ia hanya mencoba update baru Ducati tersebut selama 14 lap. Nicky Hayden yang finish ketujuh di race Misano berkata: “Agar saya tidak memberikan terlalu banyak tekanan pada tangan, kami hanya keluar di atas lintasan sebanyak dua kali hari ini. Saat pertama kali keluar ke lintasan, saya memakai motor yang saya pakai untuk membalap kemarin. Kemudian, saya memakai motor dengan rangka baru. Senang rasanya bisa mencoba rangka tersebut. Saya tidak yakin apakah saya bisa merasakan perbedaan rangka baru tersebut. Namun sebetulnya saya bisa merasakan lebih dari apa yang saya perkirakan. Rangka baru tersebut terasa lebih baik. Tentu saja, saya memiliki rasa percaya diri yang besar karena grip depan lebih baik dalam pengereman dan saat memasuki tikungan, sehingga berbelok akan menjadi lebih baik. Menurut saya, ini merupakan sebuah langkah tepat dan saya senang terhadap kerja yang sudah dilakukan Ducati, karena saya bisa mengerem dengan sedikit berbeda. Mungkin saya harus membuat fork spring sedikit lebih kaku. Bagaimanapun ini merupakan sebuah langkah bagus. Saya cukup senang dan di Aragon kami akan mulai bekerja pada setup.”
Teknisi Ducati, Filippo Preziosi menambahkan bahwa Hayden dan Rossi bisa kembali mendapatkan update rangka baru sebelum seri terakhir yang bakal bergulir di Valencia.
“Ini merupakan tes yang sangat berguna. Kami sudah mempersiapkan sebuah rangka dengan geometri sama yang dipakai Valentino untuk membalap di race kemarin, tetapi rangka tersebut memiliki kelenturan yang berbeda. Valentino memberi kami masukan kalau rangka tersebut membuat kami bisa merancang sebuah evolusi yang memiliki karakter positif yang bisa dia rasakan dan cocok dengan perhitungan yang sudah kami perkirakan. Kami juga memiliki swingarm yang berbeda yang disukai Valentino, jadi kami akan membawanya ke Aragon. Nicky melakukan perbandingan antara rangka yang ia pakai di seri sebelum balapan Misano dan swingarm yang sudah dipakai Valentino kemarin. Komentar awalnya positif, namun kami akan memeriksanya lagi di Aragon saat kondisi fisiknya lebih baik. Berdasarkan data yang kami kumpulkan hari ini, kami mempercepat produksi rangka berikutnya yang akan bisa didatangkan sebelum Valencia,” kata Preziosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar