Kamis, 30 Agustus 2012

Walau Kewalahan, Jonathan Rea Nikmati Tes Honda RC213V

Home
Jonathan Rea menikmati saat yang takkan terlupakan setelah pembalap Inggris tersebut berkesempatan untuk menjajal motor Honda RC213V milik Casey Stoner pada tes selama satu hari yang diselenggarakan di Sirkuit Brno, Ceko kemarin (Senin).

Jonathan Rea menyelesaikan tes dengan memposting catatan waktu terbaik 1’59.595 setelah mempelajari seluk-beluk motor MotoGP 1000cc sebanyak 61 lap. Lap time terbaiknya tersebut menempatkan Rea di urutan kedelapan dengan selisih waktu 3.143 detik dari Cal Crutchlow yang menjadi pembalap tercepat.
Jonathan Rea mengaku kewalahan untuk beradaptasi dengan motor MotoGP dan ia belajar dari mekanik dan data yang dimiliki oleh Dani Pedrosa. Pembalap World Superbike yang membela tim Honda Ten Kate tersebut mengungkapkan kesannya: ”Anda tak boleh meremehkan kesulitan mengendarai motor MotoGP. Pembalap yang berkompetisi di sini merupkan rider terbaik di dunia dengan memakai teknologi terbaik. Saya harus belajar dari semua orang, team-mate saya untuk melihat data mereka dan ini sangat membantu.”

Menurut Rea, tantangan terbesar untuk terjun ke MotoGP adalah beradaptasi dengan pemakaian ban Bridgestone dan pembalap yang dirumorkan bakal mengisi tim Honda Gresini tersebut mengatakan: ”Perbedaan terbesar dari WSBK adalah bannya, terutama ban depan untuk menikung. Dengan ban depan Superbike, Anda bisa memasuki tikungan dengan merebah, lalu mengerem dan berbelok, tetapi ban yang ini, Anda harus mengerem dengan sangat kuat saat merebah dengan kemiringan 50 derajat.. Ini benar-benar gila! Konstruksi ban tersebut sangat kuat bila dibandingkan dengan Pirelli.”
Menguji coba motor Honda RC213V setelah mengikuti race WSBK di Moscow merupakan tugas terberat yang pernah dilakukan Rea.
“Kemarin saya ikut dua balapan Superbike yang sulit dan masing-masing berjalan 25 lap,” kata Rea. “Jadi, datang ke sini untuk mengendarai motor yang benar-benar berbeda memakai ban dan elektronik yang benar-benar beda pada trek yang sungguh berbeda merupakan tugas terberat yang saya pernah lakukan.
“Mekanik saya telah menjelaskan motornya secara keseluruhan pagi ini, namun saya harus menyuruh mereka untuk berhenti karena sudah terlalu banyak info yang memenuhi otak saya.
“Sayang kami kehabisan waktu dan saya ingin tetap berada di sini selama seminggu untuk beradaptasi dengan lebih baik, namun saya merasa sangat senang hari ini. Saya sudah banyak belajar. Motor ini benar-benar berbeda tetapi saya bisa menyesuaikan diri dengan lambat tapi pasti.
Jika Casey Stoner belum pulih dari cedera pergelangan kakinya, maka Jonathan Rea akan mengantikan pembalap Australia tersebut pada balapan MotoGP Misano dan Aragon.
Rea berkata: “Saya tak memiliki ekspektasi untuk balapan Misano. Saya tidak tahu seberapa kompetitif penampilan kami. Saya hanya membalap dengan motor itu selama satu hari, jadi saya tidak mengharapkan apapun selain bisa menyelesaikan balapan dan menikmatinya.
“Saya merasa yakin terhadap kemampuan saya dan saya tahu jika saya bisa memperoleh feeling bagus pada motornya maka saya bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Sekarang saya memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap apa yang saya perlukan untuk berbenah.”
Rea akan melakukan tes selama dua hari yang bakal berlangsung di Sirkuit Aragon pekan depan. Namun kesempatan emas yang didapatnya untuk melakukan tes di Brno takkan pernah dilupakannya dan ia menambahkan: ”Ini merupakan salah satu hari yang terbaik di dalam hidup saya. Saya sudah menjadi pembalap Honda sepanjang karir saya dan mengendarai mesin terbaik Honda merupakan mimpi yang menjadi nyata.”

Berikut hasil tes MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Brno pada Hari Senin, 27 Agustus 2012:
1. Cal Crutchlow GBR Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 56.461s (Lap 43/47)

2. Andrea Dovizioso ITA Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 56.578s (30/31)

3. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory (YZR-M1) 1m 56.699s (46/54)

4. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 1m 56.703s (17/45)

5. Stefan Bradl GER LCR Honda (RC213V) 1m 57.156s (52/69)

6. Alvaro Bautista ESP Honda Gresini (RC213V) 1m 57.161s (32/62)

7. Ben Spies USA Yamaha Factory (YZR-M1) 1m 57.474s (6/15)

8. Jonathan Rea GBR Repsol Honda (RC213V) 1m 59.595s (60/61)

9. Yonny Hernandez COL Avintia (FTR-Kawasaki CRT) 1m 59.743s (37/40)

10. Ivan Silva ESP Avintia (FTR-Kawasaki CRT) 2m 0.667s (18/83)

11. Michele Pirro ITA Honda Gresini (FTR-Honda CRT) 2m 0.863s (9/33)

12. Loris Capirossi ITA Forward Racing (Suter-BMW CRT) 2m 2.049s (3/5)

13. Colin Edwards USA Speed Master (ART CRT) 2m 3.143s (19/29)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar