Senin, 14 Januari 2013

Jelang Musim 2013 Bos Honda: 2013 Kesempatan Terakhir Pedrosa

Dani Pedrosa
Dani Pedrosa (sumber: MotoGP.com)

"Kalau gagal tahun ini, maka kemungkinan dia tak pernah bisa juara dunia lagi."

Dani Pedrosa tidak akan pernah menjadi juara dunia MotoGP kalau dia gagal lagi musim ini, demikian dikatakan bos tim Honda Racing Corporation (HRC) Shuhei Nakamoto.

Nakamoto mengungkapkan keyakinannya bahwa berdasarkan penampilan Pedrosa musim lalu, tahun ini dia akan berhasil menjadi juara dunia dan kalau bisa mewujudkan itu maka musim-musim berikutnya pembalap Spanyol itu akan bisa menambah beberapa tropi lagi.

Pedrosa menjadi pembalap dengan kemenangan seri terbanyak musim 2012, sebagian besar diraihnya di paruh kedua musim, dan terus meningkatkan tekanan pada rival senegara, Jorge Lorenzo, yang akhirnya menjadi juara dunia bersama Yamaha.

"Menurutku kalau dia tidak memenangi titel tahun ini, kemungkinan besar dia tidak akan bisa juara dunia lagi. Namun kalau berhasil, maka cukup mungkin dia akan menjadi juara dunia beberapa kali," kata Nakamoto di Autosport.

"Dia berhasil mengalahkan rival utamanya dalam duel satu lawan satu, membalap di bawah guyuran hujan dan menang di Malaysia, berhasil menjaga tetap kencang bahkan di kondisi basah, yang sebelumnya menjadi titik lemah dia. Tak perlu dipertanyakan lagi, Dani sudah meningkat ke level lain dan sekarang menjadi kompetitor yang sangat kuat.”

Nakamoto menambahkan upgrade motor yang dilakukan pada pertengahan musim lalu telah membantu mentransformasi Pedrosa.

"Di paruh pertama musim, kami kesulitan dengan motornya, berusaha menemukan keseimbangan menyusul aturan baru tentang bobot (maksimal) ditambah perubahan pada ban," jelas Nakamoto.

"Tapi begitu kami memperkenalkan motor yang baru, dia (Pedrosa) terus membaik. Di Grand Prix Ceko dia bertarung luar biasa melawan Jorge, menyalip lalu disalip, sampai akhirnya Dani menyentuh garis finis lebih dulu. Aku tak yakin dia pernah mengalami balapan seperti itu sebelumnya sejak mengikuti kelas 125cc, jadi pendapatku peristiwa itu membawanya ke tahapan baru,” kata pria Jepang itu mengenang musim 2012.

"Mesin baru kami telah sangat membaik dalam pengereman dan mengatasi tikungan, dan rupanya motor yang begitu hebat memberi Dani rasa percaya diri yang baru."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar